Senin, 18 Oktober 2010

Internet Itu Suplemen..?

Internet bukanlah sesuatu yang tabu lagi, bahkan internet adalah sesuatu yang fenomenal, sekarang ini. Mungkin hanya sebagian saja orang tidak mengenal , mengenal dalam artian tahu cara menggunakannya. Kalaupun hanya sekedar mengenal internet, hammpir di plosok desapun mengenal internet, yang berarti tidak asing lagi. Banyak yang bisa kita dapat, apapun yang bersifat maya , browsing apapun itu, entah dari buku-buku, softweare, game dll. Akan tetapi tidak jarang, bahkan banyak yang menyalah gunakan "elektronik ajaib" itu alias internet dalam jurang yang tidak berarti. Banyak dari segi positifnya akan tetapi tidak memungkiri juga mudah sekali ditemukan kenegatifannya.

Olehkarena itu, mulai sekarang. Kita pergunakan internet itu secara sehat, dengan memanage, dan filterisasi terhadap hal-hal yang buruk. Banyak cara untuk mengalihkan itu, dan internetpun adalah media yang mutahir, semisal blog. Kita dapat menuangkan segala unek-unek dalam sebuah saksi bisu, akan tetapi yang akan bicara di kemudian hari, ya semoga.

Ataupun menuliskan sebuah tulisan yang inspiratif dan edukatif. Tidak jarang orang menuliskan, karya-karya mereka yang berbau ilmiah, sastra, bahkan juga curhat. Yang tentu saja itu akan bermanfaat pada si pembaca, maupun si penulis. Dan menurutku internet ibaratkan sebuah suplemen, yang bisa mendomplang dari sisi pengetahuan, yang selain dari dunia nyata. Oleh karena itu dalam suplemen, ketika dipergunakn dalam kadar berlebihan bisa berakibat buruk, begitu juga internet. Jangan sampai melalikan waktu wajib yang kita lakukan sehari-hari. Akan tetapi itu semua kembali pada diri masing-masing, bagimana menyikapinya. Kita hanya sanggup berharap dan berjalan dalam sesuatu yang itu benar.

Banyak sekali fitur-fitur internet yang memfasilitasi dalam kehidupan kita, dengan maksud internet itu mempermudah ketika dipergunakan secara sehat. Ketika kita menginginkan adanya sebuah updating berita, dengan mudah mencarinya. Informasi bola maupun informasi dari seluruh dinia bisa didapat. Bagi yang suka silaturahim, situs jejaring sosial yang marak saat ini memepermudah untuk saling berhubungan, sekedar mencari teman yang bermaksud informatif. Misalkan masuk forum universitas atau mahsiswa, itu akan dapat menambah wawasan dalam dunia pendidikan.

Pandai-pandai saja mengatur tangan ini supaya tidak menjulurkan dalam hal yang tidak diinginkan, mari berinternet sehat.