Senin, 19 April 2010

Kata Sayang Untukmu


Awal musim dingin khususnya di bumi cairo mesir, sekitar tanggal 22 pada bulan desember 2009. Pada hari itu bertepatan dengan hari ibu yang di peringati oleh masyarakt indonesia, yang memang hari ibu tersebut banyak di peringati di berbagai Negara yang tersebar di penjuru dunia, yang salah satunya tanah air tercinta Indonesia, Indonesia yang kaya akan budaya, safari dan baharinya. Walaupun sekarang banyak kasus entah itu budaya yang di bajak, pulau pulau yang di akui oleh Negara lain.
Akan tetapi Indonesia yang terjerembab berbagai masalah, tetap majulah Indonesiaku. Di Indonesia hari ibu di peringati pada tanggal 22 desember. Akan tetapi tidak hannya Negara indonesia saja, Negara-negara lain sekitar 75 negara semisal, australia, kanada, jerman, Italia, Malaysia, dll. Dan hari ibu tersebut tidak serentak di meriahkan di berbagai Negara. Sedangkan Negara mesir hari ibu atau yang lebih di kenal dengan International Women's Day di peringati pada tanggal 21 maret.


            Hari ibu di indonesia bermaksud untuk mengungkapkan rasa sayang, dan terimakasih terhadap ibu. Penetapan hari ibu sendiri di indonesia diputuskan tanggal 22 desember, dalam kongres perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Di tetapkan oleh presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa hari ibu pada tanggal 22 desember deilakuksan secara nasional sampai saat ini.


            Apresiai masyarakat Indonesia untuk menyambut hari ibu sangatlah antusias, dengan berbagai macam kegiatan, entah itu lomba, dengan peserta mayoritas ibu-ibu, atau perkumpulan berbentuk pengajian yang di adakan di desa masing-masing. Sementara itu kegiatan tersebut bisa memacu dan mempererat tali persaudaraan sesama, dan meminimalisir adanya konflik konflik.


            Sedangkan warga Negara Indonesia yang tersebar di penjuru dunia, kuhususnya yg sedang study di negeri orang, terdapat  sebuah perhimpunan pelajar Indonesia ( PPI ), yang memfasilitasi para mahasiswa dengan adanya radio streaming PPI Dunia, otomatis banyak mahasiswa, memanfaatkan radio streaming PPI Dunia tersebut, sebagai wadah untuk menuangkan aspirasi, unek-unek, dan tidak ketinggalan kirim-kirim ucapan selamat hari ibu, sebagi wujud cinta kita terhadap ibu. Dan yang trend saat ini, telekomunikasi menggunakan jejaring sosial FB ( facebook ). Para facebookers menjulurkan jari-jarinya menekan tombol-tombol keyboard untuk menuliskan ucapan selamat hari ibu, dalam sebuah layar kaca. Sebagai salahsatu antusiasme, pada hari ibu untuk ibu tersayang.


            Ibu sangat berpengaruh dalam hidup kita, Karena ibu yang telah membawa kita dari kegelapan selama 9 bulan, menuju terang benerang ( bumiMu yang indah ini ya Allah ), setelah itu ibu yang merawat kita pula, dari bayi entah itu mencuci pakaian yang setiap hari kena ompol, ganti popok, sampai menyusui hingga dewasa saat ini. Walaupun kita jauh dari ibu, ibu tidak melepaskan begitu saja, beliau masih mengurung lewat pesan-pesannya. Diantara pesan yang selalu terngiang yaitu, sinau seng mempeng…!( belajar yang giat…! ), ibadah seng mempeng…!( ibadah yang rajin…! ), karo jogo kesehatane…( dan jaga kesehatan…! ). Begitu besar perhatian para ibu terhadap anak-anaknya yang tidak ternilai harganya, memang sebaiknya apresiasi terhadap ibu, kita aplikasikan tidak hannya satu kali dalam satu tahun, tapi rasa sayang kita terhadap ibu itu akan lebih terasa apabila kita lakukan setiap hari, akan tetapi apa salahnya momentum satu tahun itu kita manfatkan. Mungkin dari kasih sayang kita yang kita berikan terhadap ibu akan kembali atau berimbas kepada kita, imbas itu bisa berupa, kiriman uang saku bertambah, belom jatahnya uang di kirim ibu sudah menghubungi, lee duwite wes entek durung, kirimane jalok tambahi ora…? ( nak uangnya sudah habis belom, kiriman mau di tambah tidak…? ). Kalu seperti itu, siapa diantara kita yang tidak pengen.


            Rasa sayang kita terhadap ibu, ada banyak hal yang bisa kita lakukan, kalau kita waktu bertepatan di rumah, tinggal bersama dengan orang tua. Kita bisa membantu orang tua ( khususnya ibu ), entah itu masak, mencuci, atau patuh terhadap perintah-perintahnya. Sedangkan bagi mereka yang jauh dari rumah, dengan doa-doa suci kita panjatkan, belajar dengan benar dan giat, dan memanage uang kiriman dengan teratur. Dengan itu kita bisa mewujudkan rasa sayang kita, yang memang harus kita lakukan. Dan mari bersama-sama kita tingkatkan rasa cinta kita terhadap ibu, tidak hannya dengan perkataan saja akan tetapi dengan bentuk tindakan pula.


            Dan sedikit teringat pesan dari sebuah band yang berdomisili di lampung, yaitu kangen band, dengan liriknya yang diciptakan oleh dodhy kangen, penggalan lirik yaitu,
Kamu dimana…?
Dengan siapa…?
Kau sedang berbuat apa…?
Coba kalau pertannyaan yang berbau pesan itu kita jawab, kamu dimana…? Sedang di masjid al-azhar, dengan siapa…? ini dengan Syaikh Yusri, kamu sedang berbuat apa…? Ikut Talaqi (pengajian) Sokhih Bukhori. Alangkah bahagianya Ibu melihat anaknya seperti itu. Beribu terimakasih, aku panjatkan untukmu ibu, telah merawat, mendidik, dan memperbesarkanku hingga sekarang. I just want say I Love You Mom. Dan yang terahir ada ptongan bait dari sebuah lirik lagu.
Berjuta rasa cinta tercipta
Mengiringi langkamu dan aku
Menyelimuti masa yang lalu
Dan tak mungkin terpisahkan
Kata sayangku untukmu
Yang ku hembuskan kepadamu
Sebagai tanda cintaku untuk dirimu
Takkan hilang di telan waktu
Takkan punah termakan ragu
Menghiasi seluruh hidup dan matiku.
( ungu band )


oleh: khoiruzzad mustaqim