Sabtu, 06 April 2013

Mentri Nyentrik Dahlan Iskan


Di tengah perasaan saya yang galau dan pesimis melihat Indonesia, salah satu mentri belagak nyentrik tak kehabisan gaya Dahlan Iskan memeberikan penawar, sehingga rasa optimis kembali terbuka. Tidak ketinggalan juga gubernur DKI Jakarta juga waklinya, Joko widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga mengisi daftar pemimpim pemimpin nyentrik kala ini. Saya sekarang tidak mau banyak cerita, namun sekedar share berita tentang  mentri satu ini, Dahlan Iskan. Karena gayanya mengundang decak kagum, dan inspiratif, semilsal berita yang mau saya share kali ini tanggapan beliau dalam memajukan perekonomian Indonesia, bagaimana beliau memberikan optimistis dan solusi supaya masyarakat jelata maupun elit saling bersinergi. Berikut ceritanya..
Setiap negara memiliki cara masing-masing untuk membangkitkan ekonominya. Menurut Menteri BUMN Dahlan Iskan, Indonesia punya tiga modal untuk mendongkrak ekonominya. Apa saja?


Saat menjadi pembicara di acara Youth Entrepreneur bertemakan "To Be The Top entrepreneur" di Universitas Islam Bandung, Sabtu (6/4/2013), Dahlan menceritakan bagaimana cara sejumlah negara bangkit dalam bidang ekonominya.

Menurut dia, ada negara yang bangkit dengan membangun ekonomi kecil atau pengusaha UKM seperti Taiwan. Ada juga negara yang maju karena peranan konglomerasi atau pengusaha besar yaitu Korea Selatan. Terakhir, ada negara yang bangkit karena peranan perusahaan-perusahaan negara, contohnya Singapura.

"Nah Indonesia punya tiga-tiganya sehingga untuk bangkit sudah sangat cukup potensinya. Tinggal kita saja memanfaatkan seluruh potensi dan keunggulan yang kita miliki," ungkap Dahlan seperti dituturkan Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi kepada Liputan6.com, Sabtu (6/4/2013).

Seperti Taiwan, di awal-awal kebangkitannya, pengusaha-pengusaha kecil yang berusaha dengan bahasa inggris yang terbatas dengan modal kalimat bahasa inggris seperti barang ini bagus dan barang ini murah atau this is good.

"Jadi apapun pertanyaan pembeli, selalu jawabannya seperti itu. Dan akhirnya mereka berhasil dan bangkit di bidang ekonominya majunya luar biasa," ceritanya. Liputan6.com

Semoga dengan adanya mentri yang mempunyai daya semangat juang tinggi ini, kelak Indonesia benar benar berdiri di negaranya sendiri.