Senin, 29 Agustus 2011

Idul Fitri


Hari yang Fitri kembali menghampiri itu bertanda bahwa bulan puasa telah usai. Setelah satu bulan lamanya berpuasa menahan hawa nafsu, amarah dan sebagainya, demi tercapainya kemuliaan untuk menjalankan ibadah puasa. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT, karena nikmat yang tidak terhitung, salah satunya dapatnya kita bertemu kembali dengan bulan yang mulia, Ramadhan 1432 semoga kita semua dapat menjumpai lagi, Amiin.  Dan merasakan hari kemenangan ini untuk melepaskan segala amarah dengki, membukakan pintu hati selebar lebarnya untuk tercapainya kata maaf, dan kebali ke fitrah.
Akan tetapi, dalam memperingati Hari Raya Idul Fitri khususnya di Indonesia, sering terjadinya ketidak samaan, kapan datangnya Idul Fitri. Oleh karena itu, rasa Tasamuh, atau toleransi kita harus kita junjung, untuk menghargai pendapat, dan menghormati mereka yang berbeda.
Bicara tentang Idul Fitri, dalam istilah Indonesia yang lebih terkenal dengan Lebaran, ya itu merupakan tradisi tahunan, mudik ke kampung halaman untuk saling bertegur sapa, mengulukkan maaf, temu kangen dan bersilaturahim keluarga sesama sanak saudara. Suasana yang sangat menyenangkan, di iringi gema Takbir "Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar Lailaha Ilallahu Allahu Akbar Allahu Akbar wa Lillahilhamd" berkumadang di malah harinya, pagi hari memakai baju yang rapi, wewangian berbondong bondong menuju Mushola atau Masjid, untuk berjamaah Sholat Ied dan mendengarkan Khutbah.
Setelah itu, menghampiri orang tua untuk yang pertama kalinya meminta maaf, kemudian berangkat ke rumah rumah saudara, dan tetangga tentunya untuk bersilaturahim dan mengulukkan maaf. Dan tidak ketinggalan pasti di setiap rumah tersediakan makanan, baik itu makanan ringan & berat, intinya pasti di jamin kenyang, dan kalau beruntung bagi yang masih kanak kanak, bisa mendapatkan salam tempel. Sungguh warna warni, dan menarik ketika menikmati suasana berlebaran di Indonesia.
Oleh karena itu, sehubungan adanya hari yang Fitri ini, saya atas nama pribadi, ingin mengucapkan, selamat telah mencapai kemenangan, Taqobalallahu Minna wa Minkum Taqobbal ya Karim, Minal 'Aidin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita menjadi pribadi yang bersih, dan selalu berintropeksi diri unutk menjadi yang lebih baik lagi, Amiin.